PERTEMUAN KE 2 IDEOLOGI MENURUT PENDAPAT PARA AHLI



2.     Pengertian Ideologi

Pengertian Idoelogi menurut KBBI ialah kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk keberlangsungan seseorang atau suatu golongan; paham, teori, dan tujuan yang terpadu merupakan suatu program sosial politik.

Secara etimologi ideology berasl dari 2 kata, yaitu idea dan logis. Kata-kata itu berasal dari bahasa Yunani. Idea berarti “pikiran” dan logis berarti “Ilmu”. Sehingga ideology dapat diartikan sebagai suatu gagasan yang berdasarkan ide tertentu. Jadi, jika ada suatu gagasan yang menjadi pedoman bagi suatu tindakan tertentu, hal itulah yang disebut denganideologi. Selain itu, ideologi menyatakan suatu cita-cita dan mencakup nilai-nilai hidup yang menjadi dasar dan pedoman negara serta kehidupannya.

Dari pengertian ideologi di atas, dapatlah dikatakan bahwa idoelogi pancasila merupakan norma-norma ideal yang dijunjung tinggi oleh setiap warga negara Indonesia. selain itu, nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila menjadi standar moral atau tingkah laku yang dapat menjadi kriteria pemisah antara mana yang baik dan mana yang tidak baik bagi setiap individu bangsa Indonesia.

Setelah menyimak Video dan membaca materi ini silahkan kalian catat di buku catatan kalian untuk di jadikan bahan hapaln dan evaluasi pertemuan berikutnya.
Lalu kalian isi soal di bawah ini sebagai bukti mengikuti pembelajarn ini


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan Ke 1 PKN kelas 9