Makna Pancasila sebagai Pandangan Hidup BangsaPandangan hidup adalah suatu wawasan menyeluruh terhadap kehidupan yang terdiri dari kesatuan rangkaian nilai-nilai luhur. ... Pandangan hidup yang diyakini suatu masyarakat maka akan berkembang secara dinamis dan menghasilkan sebuah pandangan hidup bangsa

Setiap bangsa di mana pun pasti selalu mempunyai pedoman sikap hidup yang dijadikan acuan di dalam hidup bermasyarakat. Demikian juga dengan bangsa Indonesia. Bagi bangsa Indonesia, sikap hidup yang diyakini kebenarannya tersebut bernama Pancasila.

 

Nilai-nilai yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila tersebut berasal dari budaya masyarakat bangsa Indonesia sendiri. Oleh karena itu, Pancasila sebagai inti dari nilai-nilai budaya Indonesia maka Pancasila dapat disebut sebagai cita-cita moral bangsa Indonesia. Cita-cita moral inilah yang kemudian memberikan pedoman, pegangan, atau kekuatan rohaniah kepada bangsa Indonesia di dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila di samping merupakan cita-cita moral bagi bangsa Indonesia, juga sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia. Pancasila sebagaimana termuat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah hasil kesepakatan bersama bangsa Indonesia yang pada waktu itu diwakili oleh PPKI. Oleh karena Pancasila merupakan kesepakatan bersama seluruh masyarakat Indonesia, maka Pancasila sudah seharusnya dihormati dan dijunjung tinggi.

Pandangan hidup terdiri atas kesatuan rangkaian nilai-nilai luhur merupakan suatu wawasan yang menyeluruh terhadap kehidupan itu sendiri. Fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah:

1.      Kerangka acuan baik untuk menata kehidupan diri pribadi maupun dalam interaksi antar manusia dalam masyarakat serta alam sekitarnya

2.      Pandangan hidup Pancasila ini dijadikan masyarakat Indonesia untuk mengembangkan potensi kemanusiaannya sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dalam rangka mewujudkan kehidupan bersama menuju satu pandangan hidup bangsa dan satu pandangan hidup negara, yaitu Pancasila.

 

v  Idea dalam arti ideologi adalah gagasan, konsep, pengertian dasar, dan cita-cita.

 

v  Logos dalam ideologi adalah ilmu.

 

v  Nilai dasar dalam ideologi Pancasila adalah nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila baik pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusian yang beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, maupun Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

v yang dimaksud ideologi Pancasila Suatu ajaran tentang gagasan, ide-ide yang tersusun sistematis, diyakini kebenarannya dan didasarkan atas nilai-nilai Pancasila.

v  deologi Pancasila merupakan ideologi yang digali dari budaya bangsa Indonesia sendiri sehingga ideologi tersebut sangat cocok dan tepat dengan kondisi bangsa Indonesia yang majemuk.

soal latihan ada disini klik saja dibawah 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan Ke 1 PKN kelas 9

PERTEMUAN KE 2 IDEOLOGI MENURUT PENDAPAT PARA AHLI